Jumat, 21 Oktober 2016

My Experience



Tugas Softskill Ilmu Sosial Dasar (ISD)

Nama Saya Ahmad Hafizhan Prasetya, umur 18 tahun, sedang kuliah di Universitas Gunadarma jurusan Tehnik Elektro semester 1.

Oke kali ini saya akan bercerita sedikit tentang bagaimana tahapan pertumbuhan suatu individu. Biar gampang contohnya pake pengalaman hidup saya aja yaa...
Dimulai dari ketika saya baru lahir. Dari lahir?? Jujur kalo pas saat itu ngga inget sama sekali tapi karena emang dimaterinya ada tuh tahapan pertumbuhan sejak lahir, jadi yaudah mulainya dari umur sekitar 1 tahunan...

Jadi dari umur 0 s.d 2 tahun adalah masa vital yaitu masa dimana individu belum bisa apa apa, masih mulai belajar dan mencoba hal dasar seperti melihat, mendengar dsb. Nah pada umur satu tahun itu katanya saya baru mencoba hal hal dasar tadi, kalo lebih jelasnya tanya ortu masing masing aja karena saya sendiri juga ngga inget apa apa tuh hehe...

Tahap kedua dari umur 2 s.d sekitar 7 tahun alias masa estetik. Saat itu individu mulai menyadari bahwa dia ada dan orang lain ada. Pada masa ini sifat individu cenderung dipengaruhi oleh faktor pendirian nativistik yaitu bawaan dari lahir dan masih sangat polos. Pas masih kecil itu saya sama kakak saya sering bibilang kembar, padahal kayaknya ngga ada mirip miripnya, umurnya aja beda 2 tahun, ya seandainya mirip pun kita bukan kembar. Mungkin saya sama kakak saya punya sifat yang mirip jadi mukanya mirip juga

Dari umur 7 s.d sekitar 14 tahun adalah tahapan ketiga atau masa intelektual. Dari namanya aja intelektual berarti individu sudah mulai belajar, selain itu juga mulai menyadari ciri fisik dan mulai berkenalan, kalo liat lawan jenis itu udah mulai ada something. Masa ini saya lagi suka sukanya main bulutangkis, bola, main dart (sejenis panah kecil yang mainnya dilempar dan sasarannya berbentuk lingkaran kecil sampe besar, skornya 1-10) bareng tetangga di gang rumah, wahh itu seru bangett...
Kalo di Indonesia umur 6 tahun udah masuk sekolah dasar atau SD. Semasa sd saya bisa dibilang cukup pintar (itu kata saya sendiri gatau kata orang lain gimana), saya pun diajari mengaji dan menghafal hadis dan juz 30. Alhamdulillah, itu kebawa sampai sekarang yang semoga bisa diterapkan sampai seterusnya dan tidak terpengaruh sama temen temen walaupun godaannya banyak banget. Cuma kalau tentang pelajaran gatau kenapa makin kesini makin susah, jadi udah gaterlalu berharap bisa kayak pas sd dulu, tapi untuk masa depan harus semangat terusss. Yang paling ditakutin waktu sd itu biasanya ketika guru matematika mulai nyari sasaran buat disuruh ngerjain soal didepan, saya pun udah nunduk sambil ngumpat dibalik temen... ehh masih kena juga dan disuruh maju, untung aja bisa ngerjain walaupun salah.

Yang terakhir masa sosial, sekitar umur 14 tahun s.d 21 tahun.  Dari namanya seharusnya masa ini dimana individu saling berinteraksi dengan orang lain, tapi sifat saya cenderung yang introvert atau lebih suka menyendiri, ya kalo ini sifat dari lahir, mau ngilangin susah banget, gimana ya ketemu orang aja males, ketempat ramai suka gemeteran tanpa penyebab, yak curhat dikit. Oke lanjut aja, masa ini dibagi jadi 4 : pra remaja, remaja, dewasa muda dan dewasa. Pada masa ini saya sudah masuk SMA, yang pelajarannya udah mulai gakaruan, gurunya aja ada yang males ngajar, gimana muridnya. Akhirnya NEM saya pun tidak bisa dibilang bagus, hingga sekarang saya sedang kuliah di Universitas Gunadarma untuk meraih masa depan yang baik. Yang bikin males baru semester satu aja tugasnya itu udah banyak banget, untung masih bisa ngatur waktunya. Kadang suka mageran ke kampus, bukannya ngga niat tapi memang karena kurang tidur hehe...

Saya pun sudah mulai punya tanggung jawab kepada keluarga, ikut mengurus segala sesuatunya, ikut mengerti keadaan keluarga, nemenin dan nganterin ibu kemana aja. Yaa seolah olah gantiin peran bapak ketika dirumah.

Nah sekian pengalaman hidup saya, maaf kalo masih gajelas dan alurnya kesana kemari...  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar